Berkenalan dengan Hedging dalam pasar berjangka menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Karena pada dasarnya sangat sulit untuk menerka kemana harga akan bergerak, khususnya harga komoditas yang sering diperjual belikan di pasar berjangka. Contohnya bisa kita ambil pada harga emas yang memiliki volatilitas sangat tinggi. Dengan berkenalan dengan Hedging dalam pasar berjangka tersebut, setidaknya Anda akan bisa mengambil ancang-ancang yang lebih tepat. Serta meminimalisir risiko kerugian yang ditimbulkan sejak dini. Lalu seperti apa sebenarnya konsep Hedging ini?

 

1. Hedging Adalah Menjual Dan Membeli Secara Bersamaan

Berkenalan dengan Hedging Dalam Pasar Berjangka

firststatefutures.co.id

Pertama, hedging itu sendiri merupakan sebuah aksi menjual dan membeli secara bersamaan. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mengurangi risiko yang ada. Tapi bisa juga sebaliknya, hedging dilakukan untuk melindungi keuntungan yang sudah didapatkan sebelumnya dan mengamankannya. Konsep hedging tersebut bisa diaplikasikan sesuai dengan beragam kondisi dan situasi yang terjadi di pasar.

 

2. Bisakah Hedging Mendatangkan Keuntungan?

Berkenalan dengan Hedging Dalam Pasar Berjangka

firststatefutures.co.id

Banyak yang kemudian bertanya, apakah Hedging tersebut lantas bisa mendatangkan keuntungan? Jawabannya tergantung, bisa ya dan juga bisa tidak. Ada kalanya hedging malah menimbulkan kerugian ketika kurang disiplin dalam melepaskan posisi yang sudah diambil. Karena ketika kita melakukan hedging, maka posisi kita saat itu adalah locking, artinya kita tidak akan pernah untung, dan tidak akan pernah rugi sampai kapanpun. Kecuali locking tersebut dilepaskan.

 

3. Buying Hedge Dan Selling Hedge Di Pasar Berjangka

Berkenalan dengan Hedging Dalam Pasar Berjangka

firststatefutures.co.id

Ada istilah yang namanya Buying Hedge dan Selling Hedge pada pasar berjangka. Ini juga erat kaitannya dengan tema berkenalan dengan Hedging dalam pasar berjangka yang satu ini. Buying Hedge dilakukan oleh pengusaha yang ingin melindungi dirinya dari kemungkinan kenaikan harga di masa depan. Sementara Selling Hedge dilakukan oleh pengusaha sebagai upaya untuk mencegah penurunan harga yang terjadi di masa depan.

 

Siapa bilang trading itu susah? Selama Anda disiplin dalam menerapkan Trading Plan dan Money Management, semua akan bisa teratasi. Mau berkonsultasi tentang sistem trading yang teruji bersama ahlinya? Gampang, silahkan mengisi forum konsultasi berikut ini.

 

4. Hedging Bisa Menjadi Penyelamat Saat Pasar Sulit Diprediksi

Berkenalan dengan Hedging Dalam Pasar Berjangka

firststatefutures.co.id

Sebagian orang juga menekankan pentingnya Hedging utnuk menyelamtkan diri dari situasi pasar yang sulit diprediksi. Atau jika seseorang sedang tidak fokus untuk melakukan analisa. Daripada membiarkan posisi Buy yang sudah diambil berdampak kerugian karena kurangnya pengawasan, maka akan lebih baik untuk mengambil posisi Sell sekaligus. Dari sini, posisi locking yang aman pun akan bisa diterapkan.

 

5. Menghindari Risiko Bisa Dilakukan Dengan Melakukan Hedging

Berkenalan dengan Hedging Dalam Pasar Berjangka

firststatefutures.co.id

Dengan kata lain, jika ingin menghindari yang namanya risiko, perlu diterapkan yang namanya Hedging. Jangan sampai terlambat karena saat risiko tersebut datang, maka sudah terlambat untuk melakukannya. Bahkan beberapa pakar mengutarakan pentingnya Hedging layaknya asuransi karena bisa mengamankan akun dari kerugian atau crash yang terjadi sewaktu-waktu. Sebagaimana yang terjadi pada era Great Depression di tahun 1920 silam.

 

Yakin broker yang Anda gunakan sudah aman? First State Futures merupakan perusahaan pialang berjangka yang aman dan terpercaya. Selain mendapatkan ijin usaha dari BAPPEBTI, di sini Anda akan menemukan pelayanan terbaik, serta pilihan nomor satu untuk perencanaan keuangan anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka

DAPATKAN BERBAGAI INFORMASI MENARIK DAN PENAWARAN
DARI KAMI DENGAN MENGISI FORM DI BAWAH INI

ISI FORM